Bangun Lingkungan Belajar Positif, UNY Dampingi Kepala Sekolah Kebumen Terapkan School Well-Being

Kebumen, 2025 — Fakultas Psikologi Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) melaksanakan Program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) berupa Pelatihan School Well-Being yang diikuti oleh 36 kepala sekolah dasar dan 4 pengawas sekolah se-Kabupaten Kebumen. Kegiatan ini dilaksanakan di SDN 1 Kutosari, Kebumen, bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Kebumen serta dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Dikpora, Bapak Yanie, M.E.

Pelatihan school well-being bertujuan meningkatkan kapasitas kepala sekolah dalam menciptakan lingkungan belajar yang sehat, nyaman, dan mendukung perkembangan optimal siswa maupun guru. Materi yang diberikan meliputi konsep kesejahteraan psikologis di sekolah, kepemimpinan positif, serta strategi penerapan well-being dalam manajemen sekolah sehari-hari.

Selain pemaparan materi, kegiatan juga menghadirkan sesi Focus Group Discussion (FGD) yang memberi kesempatan bagi kepala sekolah untuk menyampaikan kendala nyata yang dihadapi di sekolah sekaligus berbagi solusi yang telah diupayakan. Sesi ini membuka ruang refleksi dan kolaborasi, serta memperkuat jejaring antar kepala sekolah di Kabupaten Kebumen.

PkM ini diketuai oleh Dr. Suwarjo, M.Si. dengan narasumber utama dari tim dosen Fakultas Psikologi UNY, yaitu A’yunin Akrimni Darojat, M.Psi., Psikolog., Ika Wahyu Pratiwi, M.A., dan Annisa Nur Harwiningtyas, M.Psi., Psikolog. Kegiatan ini turut didukung oleh mahasiswa S1 dan S2 Fakultas Psikologi UNY sebagai tim panitia dan fasilitator acara.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Kebumen, Bapak Yanie, M.E., menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya pelatihan ini. “Pelatihan school well-being menjadi langkah penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan dasar di Kebumen. Kepala sekolah sebagai pemimpin pembelajaran perlu memahami pentingnya menciptakan sekolah yang ramah, sehat, dan mendukung pertumbuhan semua warganya,” ujarnya.

Kegiatan berlangsung interaktif dan mendapat sambutan positif dari peserta. Para kepala sekolah menyampaikan bahwa pelatihan ini tidak hanya memperluas wawasan, tetapi juga memberikan ruang berbagi pengalaman yang bermanfaat untuk diterapkan di sekolah masing-masing.

Melalui program ini, Fakultas Psikologi UNY tidak hanya memperkuat kapasitas kepala sekolah, tetapi juga berkontribusi langsung terhadap pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), khususnya SDG 3: Kesehatan, SDG 4: Pendidikan Berkualitas, serta SDG 17: Kemitraan untuk Mencapai Tujuan. Pendekatan school well-being menjadi langkah strategis untuk menciptakan lingkungan belajar yang sehat, inklusif, dan berkelanjutan melalui sinergi antara perguruan tinggi, pemerintah daerah, dan satuan pendidikan di Kebumen.